Senin, 26 Januari 2009

Membuat Lembar Kerja Menggunakan Program Lembar Kerja

Membuat Lembar Kerja Baru

Langkah-langkah membuat Lembar Kerja Baru
Pilih Menu File → New
Tekan tombol CTRL+N pada Keyboard
Memasukkan Data

Beberapa hal yang harus kita perhatikan adalah sebagai berikut
Posisi data yang dimasukkan akan berubah secara otomatis pada saat memasukkan data.
Data yng diketikkan akan tertulis pada lembar kerja apabila kita menekan tombol panah atau mouse untuk menunjuk sel lain.
Data yang telah diketikkan pada lembar kerja dapat terhapus apabila sel tersebut kita mengetikkan sesuatu.
Jika kita ingin mengganti atau memperbaiki isi suatu sel maka dapat dilakukan dengan mengklik dua kali pada sel yang akan diubah.

Menghapus Data
Jika kita ingin menghapus data yang mempunyai format tertentu maka dapat dilakukan dengan memilih menu Edit→Clear kemudian pilih kondisi yang diinginkan yaitu:
All, menghapus data dan format tampilannya.
Format, menghapus format tampilannya saja tanpa menghapus data pada sel tersebut.
Contents Del, menghapus data tanpa menghapus format pada sel tersebut.
Comments, menghapus komentar pada sel tersebut.

Menggabungkan Dua Lembar Kerja atau Lebih
Langkah-langkah untuk menggabungkan lembar kerja sekaligus adalah sebagai berikut:
Pilih tab lembar kerja, misalnya sheet1.
Tekan tombol Shift pada keyboard dan tahan kemudian pilih tab lembar kerja yang diinginkan yang akan dibuka secara bersamaan dengan lembar kerja sebelumnya. Sebagai contoh misalnya sheet2.
Selanjutnya tab sheet2 akan berubah warna menjadi putih dan pada title bar atau judul buku kerja akan tertulis Group. Hal ini menandakan bahwa lembar kerja tersebut telah terpilih bersamaan dengan sheet1.
Selanjutnya setelah terpilih dua lembar kerja sekaligus, kamu dapat membuat laporan dimana laporan akan tertulis pada sheet1 dan sheet2. untuk menulis pada lembar kerja kamu hanya perlu mengetik pada satu lembar kerja saja karena apapun yang tertulis pada sheet1 akan tertulis juga pada sheet2, begitu juga sebaliknya.

Memasukkan Teks, Tanggal, dan Bilangan

Memasukkan Data teks
Data dengan jenis teks merupakan suatu data yang terdiri atas karakter atau gabungan antara karakter dengan angka. Selain menggunakan toolbar formatting, untuk mengatur format teks dapat dilakukan melalui menu Format adalah sebagai berikut.
Pilih atau blok sel yang akan diformat.
Pilih menu Format → Cells atau dengan menekan tombol CTRL+l pada keyboard.
Setelah kotak dialog Format Cells muncul, pilih tab Font.
Pilih dan tentukan format teks yang diinginkan.
Memasukkan Data Tanggal dan Waktu
Langkah-langkah untuk mengubah format tanggal.
Pilih sel dimana akan dilakukan perubahan format. Pilih atau blok sel tersebut apabila sel yang dibutuhkan lebih dari satu sel.
Pilih Menu Format→Cells atau dengan menekan tombol CTRL + 1 pada keyboard. Selanjutnya akan ditampilkan kotak dialog Format Cells.
Pilih Tab Number, pada kotak pilihan Category pilih Date.
Selanjutnya pada kota pilihan Type akan ditampilkan format tanggal yang tersedia, pilih format tanggal yang diinginkan kemudian klik tombol OK.

Beberapa Fungsi tanggal, yaitu :
=DATE(), Pengisian tanggal
=DAY(), Menampilkan tanggal
=MONTH(), Menampilkan bulan
=YEAR(), Menampilkan tahun
=DATEVALUE(), Mengubah teks menjadi tanggal
=WEEKDAY(), Menampilkan angka urutan hari dari input

Langkah-langkah untuk mengubah format waktu .
Pilih menu Format→Cells atau dengan menekan tombol CTRL + l.
Pada kotak dialog Format Cells, klik Tab Number. Selanjutnya pada kotak pilihan Category pilih Time. Pada kotak pilihan Type akan ditampilkan bentuk format tampilan waktu yang dapat dipilih. Pilih format waktu yang kamu inginkan.
Untuk memasukkan data jenis waktu dapat dilakukan dengan mengetikkan angka kemudian dibatasi dengan titik dua, 15:00 atau 07:00 PM

Beberapa Fungsi Waktu, yaitu :
=TIME(), Pengisian waktu
=HOUR(), Menampilkan jam
=MINUTE(), Menampilkan menit
=SECOND(), Menampilkan detik
=TIMEVALUE(), Mengubah teks menjadi waktu

Memasukkan Data Bilangan

Langkah-langkah untuk mengubah format data angka.
Pilih cels dimana akan dilakukan perubahan format. Pilih atau blok sel tersebut apabila sel yang dibutuhkan lebih dari satu sel.
Pilih Menu Format →Cells atau dengan menekan tombol CTRL +1 pada keyboard. Selanjutnya akan ditampilkan kotak dialog Format Cells.
Pilih Tab Number, pada kotak pilihan Category, pilih Number.
Selanjutnya pada kotak pilihan Decimal Places dapat ditentukan jumlah angka decimal dibelakang koma yang akan ditampilkan.
Pada kategori Number kita dapat menampilkan tanda pemisah ribuan dengan memilih kotak Use 1000 Separator(,).
Untuk mengubah tampilan angka negative dapat diubah melalui daftar pilihan Negative numbers dengan memilih format tampilan angka negative yang akan digunakan.
Untuk mengubah format symbol mata uang dapat dilakukan melalui pilihan Currency atau Accounting pada kotak pilihan Category. Hal ini dilakukan dengan symbol mata uang yang akan digunakan pada daftar pilihan Symbol. Selanjutnya untuk memasukkan data kamu hanya perlu mengetikkan angkanya saja tanpa mengetikkan symbol mata uangnya.

Beberapa Fungsi Angka, yaitu :
=INT(), Pembulatan angka
=ROUND(), Pembulatan angka berdasarkan nilai numeric tertentu.
=ROUNDUP(), Pembulatan angka berdasarkan nilai numeric tertentu.
=ROUNDDOWN(), Pembulatan angka ke bawah berdasarkan nilai numeric tertentu.

Memformat Baris
Mengatur Tinggi Baris
Langkah-langkah untukmengubah ukuran tinggi baris,yaitu
Pilih atau blok sel yang akan diubah tinggi barisnya.
Pilih menu Format→Row→Height.
Selanjutnya akan ditampilkan kotak dialog Row Height.
Masukkan ukuran tinggi baris yang kita inginkan pada kotak Row height. Tekan tombol OK. Selanjutnya tinggi baris dari sel yang dipilih akan berubah secara otomatis.
Mengatur Lebar Kolom
Langkah-langkah untuk mengubah ukuran lebar kolom, yaitu
Pilih atau blok sel yang akan diubah lebar kolomnya.
Pilih dan klik menu Format Column Width.
Selanjutnya akan ditampilkan kotak dialog Column Width.
Masukkan ukuran tinggi baris yang kita inginkan pada kotak Column width. Tekan tombol OK. Selanjutnya, lebar kolom dari sel yang dipilih akan berubah secara otomatis.

Menyembunyikan Baris atau Kolom
Langkah-langkah untuk menyembunyikan baris atau kolom, yaitu :
Pilih satu atau lebih baris atau kolom yang akan disembunyikan.
Pada menu Format, pilih Row untuk baris atau Column untuk kolom.
Pilih Hide untuk menyembunyikan baris atau kolom,

Langkah-langkah untuk menampilkan kembali baris atau kolom yang disembunyikan, yaitu :
Pilih baris atau kolom yang mengapit baris atau kolom yang disembunyikan.
Pada menu Format, pilih Row untuk baris atau Column untuk kolom.
Pilih Unhide untuk menampilkan kembali baris.

source: www.google.com

Tidak ada komentar: